Mengenal jenis-jenis crane

Gambar Mengenal jenis-jenis crane

Apa itu Crane

Crane adalah sebuah pesawat angkat angkut yang memiliki fungsi untuk mengangkat dan juga memindahkan suatu benda atau material dengan persyaratan khusus secara aman. Crane termasuk kategori mesin alat berat atau heavy equipment yang memilki bentuk dan kemampuan angkat sesuai spesifikasi produksi.

Crane bisa digunakan pada berbagai kegiatan pengangkatan benda dengan beban yang berat, serta digunakan dalam berbagai sector pekerjaan seperti : pekerjaan industry, proyek, perbengkelan, pergudangan , pelabuhan dll.

Jenis Jenis Crane

Crane memiliki beberapa jenis dan bisa digunakan dalam berbagai macam kegiatan pengangkatan, berikut ini adalah Jenis – Jenis Crane berdasarkan dari Lokasi dan type Pekerjaan yang dikerjakan.

Tower Crane

Tower crane merupakan alat pengangkat benda atau material yang digunakan pada sebuah proyek pembangunan kontruksi seperti pada pembangunan gedung pencakar langit.

Mobile Crane

Mobile Crane adalahm jenis crane yang memiliki mobilitas paling tinggi karena memiliki kelebihan bisa dibawa berpindah tempat dalam area kerja tertentu.

Crawler Crane

Crane ini menggunakan roda rantai (crawler) yang dapat bergerak ketika digunakan  dan digunakan pada berbagai medan tanah.  Jenis crane ini hampir serupa dengan mobile crane. Namun jangkauan dari crawler crane sendiri tidak terlalu panjang layaknya mobil crane, yang membedakan crawler crane dengan mobile crane adalah tidak memilikinya pondasi atau tiang pada crawler crane. Namun,  jenis alat berat crane ini memiliki beban yang berfungsi sebagai penyeimbang pada bagian crane.

Hydraulic Crane

Crane ini biasanya hanya digunakan untuk pekerjaan dengan struktur yang sederhana, seperti misalnya untuk bagian pergudangan, perbengkelan, dan lain sebagainya. Crane ini biasanya diletakkan pada satu tempat dan tidak untuk dipindah-pindah dan dengan jangkauan tidak terlalu panjang serta putaran yang hanya 180 derajat saja.